Sabtu, 04 Mei 2013

CONNECT!: Strategi Pemasar dalam Mengarungi Globalisasi


Muhammad Fatkhur Raukhi
07408141018/Manajemen-A
Pengantar Manajemen



CONNECT!: Strategi Pemasar dalam Mengarungi Globalisasi
            Pada era globalisasi sekarang ini, para pemasar dituntut semakin cerdas membaca peluang yang muncul. Perubahan merupakan hal yang pasti. Seperti yang dijelaskan oleh Hermawan Kartajaya, bahwa pendekatan pemasaran yang bersifat legacy sudah kurang sesuai dengan era globalisasi. Dia memaparkan suatu pendekatan baru mengenai pemasaran, yaitu: New Wave Marketing.
            New Wave Marketing yang juga dikenal sebagai 12C merupakan horizontalisasi dari 9 elemen inti. 12C adalah:
  1. Segmentation is Communication
  2. Targeting is Confirmation
  3. Positioning is Clarification
  4. Differentiation is Codification (of DNA)
  5. Product is Co-Creation
  6. Price is Currency
  7. Place is Communal Activation
  8. Promotion is Conversation
  9. Selling is Commercialization
  10. Brand is Character
  11. Service is Care
  12. Process is Collaboration
            Sebelum menjalani 12C itu, ada satu yang cukup penting, yaitu Connect!. Kita harus ‘ngeh’ dan ’nyambung’ terus dengan segala yang ada, istilahnya 24/7/365. Dalam konsep legacy, dikenal 4C, Change (perubahan teknologi, politik dan legal, ekonomi, sosial budaya, pasar) yang mengubah Competitor dan Customer, sebagai lanskap pemasaran. Company di sini harus bisa mengarungi arus perubahan yang ada.
            Pemasar harus bisa mengikuti segala perubahan. begitu pula dengan teknologi. New Wave Marketing lebih mengacu pada Connect! secara nyata. Jadi, tidak hanya Internet Marketing, Digital Marketing ataupun Online Marketing. Online memang bisa menimbulkan Excitement dan Engagement, tapi Offline jauh lebih ke Intimacy dan Enthusiasm. Bila digabungkan akan menjadi suatu CONNECTION yang bersifat Physical, Intellectual, Emotional dan Spiritual.
            Untuk bisa melakukan CONNECTION secara holistik, Pemasar harus sadar akan tiga tingkatan Connect!. Yaitu:
  1. Mobile Connect >>> Are you well-connected? baik online ataupun offline.
  2. Experiential Connect >>> How deep is your connection?
  3. Social Connect >>> How strong is your connectivity?
Pemasar yang sadar akan ketiga hal di atas dalam mempraktekkan 12C adalah pemasar yang layak disebut sebagai The Connect-Ready New Wave Marketer.

sumber:
Hermawan Kartajaya, CONNECT! SURFING NEW WAVE MARKETING, 2010, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tidak ada komentar: