Muhammad Fatkhur Raukhi
07408141018/Manajemen-A
Pengantar
Manajemen
CONNECT!: Strategi Pemasar dalam
Mengarungi Globalisasi
Pada era globalisasi sekarang ini,
para pemasar dituntut semakin cerdas membaca peluang yang muncul. Perubahan
merupakan hal yang pasti. Seperti yang dijelaskan oleh Hermawan Kartajaya,
bahwa pendekatan pemasaran yang bersifat legacy
sudah kurang sesuai dengan era globalisasi. Dia memaparkan suatu pendekatan baru mengenai pemasaran, yaitu: New Wave Marketing.
New
Wave Marketing yang juga dikenal sebagai 12C merupakan horizontalisasi dari
9 elemen inti. 12C adalah:
- Segmentation is Communication
- Targeting is Confirmation
- Positioning is Clarification
- Differentiation is Codification (of DNA)
- Product is Co-Creation
- Price is Currency
- Place is Communal Activation
- Promotion is Conversation
- Selling is Commercialization
- Brand is Character
- Service is Care
- Process is Collaboration
Sebelum menjalani 12C itu, ada satu
yang cukup penting, yaitu Connect!. Kita harus ‘ngeh’ dan ’nyambung’
terus dengan segala yang ada, istilahnya 24/7/365. Dalam konsep legacy, dikenal 4C, Change (perubahan teknologi, politik dan legal, ekonomi, sosial
budaya, pasar) yang mengubah Competitor
dan Customer, sebagai lanskap
pemasaran. Company di sini harus bisa
mengarungi arus perubahan yang ada.
Pemasar harus bisa mengikuti segala perubahan. begitu pula dengan
teknologi. New Wave Marketing lebih
mengacu pada Connect! secara nyata. Jadi, tidak hanya Internet Marketing, Digital Marketing ataupun Online Marketing. Online
memang bisa menimbulkan Excitement
dan Engagement, tapi Offline jauh lebih ke Intimacy dan Enthusiasm. Bila digabungkan akan menjadi suatu CONNECTION
yang bersifat Physical, Intellectual,
Emotional dan Spiritual.
Untuk bisa melakukan CONNECTION
secara holistik, Pemasar harus sadar akan tiga tingkatan Connect!. Yaitu:
- Mobile Connect >>> Are you well-connected? baik online ataupun offline.
- Experiential Connect >>> How deep is your connection?
- Social Connect >>> How strong is your connectivity?
Pemasar yang
sadar akan ketiga hal di atas dalam mempraktekkan 12C adalah pemasar yang layak
disebut sebagai The Connect-Ready New Wave Marketer.
sumber:
Hermawan Kartajaya, CONNECT! SURFING NEW WAVE
MARKETING, 2010, Gramedia Pustaka Utama,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar