Sabtu, 20 Maret 2010

AIDDA ..Attention Please !!!


Written & Published By Nani Nuraeni

AIDDA is attention, interest, desire, decision, and action
Efektivitas penyampaikan pesan komunikasi bisnis, ditentukan oleh banyak hal. Satu di antaranya, adalah efektivitas penyampaian pesan dengan cara menarik perhatian komunikan. Untuk kepentingan ini, konsep AIDDA bisa kita terapkan.
Seperti yang disampaikan Wilbur Schram, the condition of success in communication”, yakni kondisi yang harus dipenuhi jika kita menginginkan agar suatu pesan membangkitkan tanggapan yang kita kehendaki, dengan memperhatikan :
a)         Pesan harus dirancang dan disampaikan sehingga menarik.
b)         Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju kepada pengalaman antara komunikator dan komunikan, sehingga dimengerti.
c)         Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan.
d)         Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan komunikan.
Jadi., langkah pertama yang harus dilakukan, adalah bagaimana caranya kita bisa harus bisa menarik perhatian komunikan. Buat supaya komunikan tertarik untuk lebih ingin tahu mengenai isi pesannya. Penyajian pesan bisnis agar menarik, jelas pada awalnya, tergantung pada packaging pesan sesuai media yang digunakan.
Saat kita menggunakan media cetak misalnya, usahakan pesan bisnis yang kita sampaikan sajiannya menarik. Baik dari segi content, maupun tampilan secara keseluruhan. Bisa diakali dengan pemilihan font ( jenis huruf ), warna ataupun design grafis secara keseluruhan.
Atau manakala kita menyampaikan pesan bisnis melalui televisi misalnya. Melalui team creative, harus bisa terkemas informasi yang sangat menarik. Karena ada kecenderungan, komunikan saat ini, tidak hanya butuh informasi, tetapi sesuatu yang bisa sekaligus menghibur mereka.
Saat kita harus melakukan komunikasi langsung misalnya., usahakan daya tarik bisa dimaksimalkan secara personal. Tentunya dalam hal ini,. komunikator harus benar-benar bisa “bicara” . Tidak hanya benar menyampaikan informasinya, tetapi juga menarik saat menyampaikannya.
Silahkan mencoba !!!

Analisis
Seperti yang telah kita ketahui bersama, dalam berkomunikasi perlu cara-cara tersendiri agar komunikasi dapat dengan efektif dipahami satu sama lain. Salah satu cara yang pernah kita bahas adalah AIDDA.
AIDDA merupakan kependekan dari Attention, Interest, Desire, Decision, dan Action. Secara sederhana AIDDA dapat digambarkan sebagai berikut : agar calon konsumen produk/jasa kita bersedia untuk sekedar tahu ataupun mau memperhatikan apa yang kita tawarkan sehingga ia tertarik terhadap penawaran kita, kemudian ia mempunyai keinginan untuk menggunakan produk/jasa kita dan akhirnya ia membuat keputusan dan menggunakan produk/jasa yang kita tawarkan.
AIDDA digunakan agar terjadi efektivitas penyampaian pesan dengan cara menarik perhatian komunikan. Kondisi yang harus dipenuhi jika kita menginginkan agar suatu pesan membangkitkan tanggapan yang kita kehendaki, dengan memperhatikan :
a)         Pesan harus dirancang dan disampaikan sehingga menarik.
b)         Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju kepada pengalaman antara komunikator dan komunikan, sehingga dimengerti.
c)         Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan.
d)         Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan komunikan.
Dalam berbisnis, komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam kelangsungan bisnis kita. Good communication, good business. Itulah salah satu semboyannya.  Menarik, kreatif, dan mengena, itulah inti dari komunikasi bisnis sebagai cara perusahaan berpromosi.
Artikel di atas memberi kita informasi bahwa dalam membuat iklan kita harus melakukannya sekreatif mungkin sehingga menarik perhatian. Karena komunikan tidak hanya butuh informasi saja tetapi juga hiburan. Saat kita harus melakukan komunikasi langsung misalnya., usahakan daya tarik kita bisa dimaksimalkan secara personal. komunikator harus benar-benar bisa “bicara” . Tidak hanya benar menyampaikan informasinya, tetapi juga menarik saat menyampaikannya.

Tidak ada komentar: